Mesin TV China Rusak Tersambar Petir (Mati Total)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Televisi merek DAT 21-Inch ini sudah tidak menggunakan Mesin TV Original lagi, melainkan sudah ganti Mesin dengan Mesin TV brand China pasaran. Pada umumnya bagian yang paling rawan tersambar petir adalah bagian Power Supply Regulatornya, penting diketahui beberapa komponen yang rusak pada bagian Power Supply regulator TV tersebut sebagaimana halaman terdahulu: Beberapa Tegangan Penting dan Kerusakan di Blok Utama Mesin China dan Penyebab Kerusakan Power Supply Regulator TV China.

Mesin TV China Rusak Tersambar Petir (Mati Total)

Televisi merek DAT ini mengalami Kerusakan Mati Total akibat tersambar Petir, ketika Televisi tersebut masih terhubung ke jaringan Listrik pada posisi Standby, akibatnya beberapa Komponen Utama (IC Chroma, IC Program, IC Memory dan beberapa Transistor pada blok IC Program) rusak serta beberapa jalur di PCB Mesin TV tersebut terkelupas hangus / putus, Tegangan DC +5 untuk Blok IC Program pun tidak ada, serta merta Lampu Indikator pun tidak Menyala sama sekali, yang menandakan adanya short kompoen di blok IC Program tersebut.
Perbaikan Kerusakan Mati Total TV China akibat Tersambar Petir
Cap 1 - Mesin TV China (Jalur Ground Hangus / Putus Tersambar Petir)
Dengan pertimbangan agar tidak terlalu banyak biaya untuk "Penggantian Mesin Baru TV China", lalu kami berusaha untuk untuk memperbaiki saja mesin tv tersebut, dengan langkah langkah perbaikan sebagai berikut di bawah ini:

Tahap tahap Perbaikan Mesin TV China yang Rusak akibat Tersambar Petir (Mati Total)

  • Pengecekan bagian Power Supply Regulator - Pengecekan Tegangan pada Power Supply regulator, anehnya.. seluruh Tegangan terukur masih dalam kondisi Normal, padahal saat terjadinya sambaran petir kondisi televisi dalam kondisi "Standby (lampu indikator menyala)" dan terhubung ke jaringan Listrik, namun beberapa jalur yang tercetak pada board (PCB) Mesin TV China ini terkelupas HANGUS dan Putus, sebagaimana terlihat pada Capture 1 di atas.
  • Menyambungkan kembali Jalur PCB YANG terkelupas HANGUS dan Putus - Selanjutnya kami melakukan pengecekan Jalur yang Hangus dan Putus sebagaimana Gambar di atas dan menyambungkannya kembali. Jalur ini adalah Jalur Ground yang terdekat ke IC DC 7808 dan 7805 sebagaimana kita ketahui ini adalah untuk Tegangan IC Chroma (+8V) dan IC Program + IC Memory (+5V).
  • Kerusakan IC Program, IC Memory dan IC Chroma serta TR di blok IC Program -  Sebagaimana poin di atas, benar saja.. bahwa: Terputus dan Hangusnya jalur Ground tersebut akibat Tegangan berlebih dan Short komponen pada blok terkait dalam hal ini kami mendapati blok IC Program adalah yang terkena imbas petir paling parah pada mesin televisi tersebut, terbukti dengan IC Memory (short), IC Program (rusak) dan komponen 2 buah Transistor (short), penggantian komponen segera kami lakukan.
Lihat kembali pada keterangan gambar di atas, setelah melakukan penggantian komponen tersebut, Lampu Indikator sudah dapat Menyala, ini berarti: Tegangan +5V sudah dapat Normal kembali, namun Televisi masih dalam Kondisi Standby (Tidak Menyala), selanjutnya..
Komponen yang Rusak Mati Total TV China akibat Tersambar Petir
Cap 2 - Mesin TV China Komponen yang Rusak akibat Tersambar Petir)
  • Penggantian IC Chroma - Karena Televisi masih dalam kondisi Standby, penggantian IC Chroma pun kami lakukan, sehingga televisi dapat Menyala kembali.
  • Kerusakan Sensor Remote - Setelah melakukan pengerjaan sebagaimana di atas, Televisi merek DAT yang sudah ganti Mesin TV China pasaran ini dapat Menyala kembali, namun.. Remote tidak dapat Berfungsi, ternyata Sensor IR ini juga rusak terkena imbas dar sambaran Petir tersebut, penggantian Sensor IR ini kami lakukan, sehingga Remote dapat berfungsi Normal kembali.
Dengan melakukan beberapa Pengerjaan sebagaimana di atas, serta Penggantian Part menggunakan Komponen dari TV bekas yang tersedia, sehingga Televisi dapat Layak di pergunakan kembali dan dapat mengurangi Biaya Perbaikannya serta tanpa harus mengganti Mesin TV yang baru (jika memungkinkan mesin tv tersebut bisa diperbaiki kembali).

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service