Panduan Dasar Perbaikan TV Berwarna - Power Supply Regulator (Hal 1)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Informasi ini sengaja ditujukan kepada Pemula, yang ingin "Belajar Perbaikan Perangkat Televisi" dan langkah langkah langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam Pengerjaannya.

Televisi sebagaimana yang kita ketahui adalah Perangkat Elektonika berupa Media: Audio Visual. Perangkat Televisi khususnya jenis yang mempergunakan Tabung Gambar adalah memerlukan kinerja bertegangan Tinggi, oleh karena itu diperlukan agar jangan sampai terjadi hal yang membahayakan, terutama bagi yang belum cukup berpengalaman.

Panduan Keamanan dalam Perbaikan Televisi Berwarna

Tegangan Tinggi pada Power Supply regulator TV

Perhatian..! Televisi Berwarna memiliki kinerja Bertegangan Tinggi! dan Tidak Diperkenankan bagi Pengguna untuk Memperbaiki Sendiri bagian dalam Mesin TV, TERKECUALI oleh (teknisi) yang sudah Berpengalaman!
Berikut beberapah hal yang perlu di ketahui untuk Keamanan dalam Memperbaiki Televisi Berwana jenis Tabung.ini.
  • Regulator Power Supply - Regulator Power Supply memiliki Daya Kerja bertegangan Tinggi, Tegangan Utama berkisar hingga DC +400 Volts, Perlu diperhatikan dalam Pengerjaannya, Pada Power Supply Regulator TV yang Bermasalah, biasanya akan menyisakan Tegangan DC +300V hingga +400V.
Perbaikan Kerusakan di Blok Tegangan Internal Power Supply TV
Blok Internal Power Supply regulator TV (area garis putus putus)
Langkah yang perlu di lakukan sebelum "perbaikan" Power Supply Regulator yang Bermasalah ini adalah: Membuang Tegangan yang masih Tersisa pada Regulator Power Supply yang Bermasalah tersebut, hal ini di akibatkan tidak ada pelepasan Tegangan menuju Output Power Supply, sehingga Tegangan tertahan pada internal Power Regulator tersebut.
Cara untuk Membuang Tegangan yang masih Tersisa pada Elco Tegangan Tinggi (220mF - 470mF / 400V - 450V). Cek sebelumnya menggunakan AVOMETER (skala: DC 300V), apakah masih ada Tegangan yang masih Tersisa?, jika masih ada.. hal ini menandakan bahwa: Power Supply Regulator memang Bermasalah, (televisi dalam keadaan mati / kabel chord sudah dilepaskan dari stop kontak listrik) hubungkan Beban (solder, kipas angin, setrika, lampu, trafo atau apapun perangkat yang menggunakan Tegangan AC 220V) ke kutub (+) dan (-) Tegangan di Elco Utama Power Supply regulator TV tersebut.
Area yang di tandai Garis putus putus pada gambar di atas memperlihatkan "Blok Internal Power Supply regulator TV" (Model TV POLYTRON). Tegangan yang masih tersisa (ketika kondisi power regulator bermasalah) pada Elco (yang di tunjuk tanda panah gambar di atas), harus di Nol kan terlebih dahulu untuk menghidari daya kejutan listrik yang membahayakan, sebelum memulai perbaikan di bagian Internal Power Supply regulator TV tersebut.

Kerusakan Umum (sering terjadi) pada Power Supply regulator TV

Langkah langkah Perbaikan Kerusakan yang terjadi pada Blok Power Supply regulator TV adalah:
  • Kabel Chord (kabel listrik AC 220 ~ 240V) - (meskipun jarang mengalami kerusakan) Lakukan Pengecekan dari pada Kabel Chord menggunakan AVOmeter di skala: x1 (pastikan kabel chord masih bagus dan terhubung dengan baik ke Saklar atau Pin AC Input di Mesin TV.
  • Saklar Power On / Off - (meskipun jarang mengalami kerusakan) Lakukan Pengecekan pada Saklar Power (On / Off) ini, jika ada respon apapun yang terjadi setelah "Kabel Chord" di hubungkan ke Jaringan Listrik. Pastikan Kondisi Power Switch On / Off ini dalam kondisi Baik.
  • Sekring (Fuse) - Sekring (fuse) akan putus jika ada kelebihan beban ataupun short pada komponen di atasnya. Pada beberapa kasus juga ditemukan sekring berkarat / kotor, sehingga Arus / Tegangan AC Input di tidak masuk ke rangkaian Power Supply regulator (umumnya terjadi pada model tv terdahulu akibat lamanya penggunaan), bersihkan Sekering atau ganti dengan yang baru.
Sekering Putus dapat di sebabkan oleh: 1. Dioda Bridge (4 x Dioda) yang Short (cek kemungkinan ada 1 atau 2 komponen Dioda yang sudah rusak / short, 2. Thermistor untuk Kumparan Degauss untuk Tabung Layar TV (komponen ini mencegah flek yang terjadi akibat medan magnet), 3. TR / STR / FET - Setiap Power Supply regulator TV menggunakan salah satu dari komponen tersebut. Kompoen ini terhubung langsung ke DC +300V, kerusakan rusak / short komponen ini akan menyebabkan "Sekering / Fuse" menjadi Putus.
Sebagai gambaran terkait Kerusakan yang terjadi pada Blok Power Supply regulator TV ini, contoh Power Supply regulator TV China, dapat di lihat pada halaman terdahulu:  Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply Mesin TV China.

Pada halaman selanjutnya akan kami uraikan Penyebab Kerusakan pada blok Power Supply regulator pada Model: TV China WCOM / HUI JIA atau yang sejenisnya.

Halaman Selanjutnya

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service