Penyebab Kerusakan Power Supply regulator Mesin TV China (menggunakan Power Transistor) - (Hal 2)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Halaman Sebelumnya

Jika pada halaman sebelumnya telah kami informasikan bagaimana Tahap tahap awal untuk Keamanan Perbaikan di Tegangan Internal "Blok Power Supply Regulator" TV, berikut ini akan dijelaskan "Apa apa saja Komponen yang sering mengalami Kerusakan pada Blok Power Supply regulator dalam hal ini, kita mengambil contoh adalah Blok Regulator Power Supply TV brand China.

Penyebab Kerusakan Power Supply regulator Mesin TV China

Sebagai contoh, lihat pada halaman terdahulu: Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply regulator TV China, dan Beberapa Tegangan Penting dan Kerusakan di Blok Utama Mesin TV China, berikut penjelasannya:
Komponen sering Rusak pada Power Supply regulator TV China
Blok Power Supply regulator TV China (WCOM, HUI JIA dan yang sejenisnya)
  • Short pada Low Pass Filter Coil & NTC - Arus Listik AC 220V yang masuk melalui Pin Input AC (pada power supply mesin tv) ini mengalir melalui 2 JALUR Low pass Coil / kumparan Filter (tanda panah biru) terhubung paralel dengan NTC (Negatif Temperature Coofisien). 1 atau 2 kasus kerusakan pada Power Supply regulator pernah kami temukan pada 2 Komponen ini, jika terjadi short pada kedua komponen ini, di tandai dengan putusnya "Sekering (fuse)" yang terdapat pada Power Supply regulator TV tersebut.
  • Short pada Dioda Bridge Rectifier - Tegangan AC Input 220V ini terhubung langsung ke rangkaian "Bridge Rectifier (4 buah Dioda Jembatan)", setelah melalui Low Pass Filter Coil di atas, Tegangan yang di hasilkan oleh 4 buah Dioda Bridge Rect ini adalah pada kisaran DC 300V hingga 400V. Pada halaman terdahulu Panduan Dasar Perbaikan TV Berwarna - Power Supply Regulator (Hal 1), juga telah dijelaskan, bahwa: jika terjadi permasalah pada Blok Power Supply regulator ini, pada umumnya Tegangan Tinggi yang tertampung pada Elco Utama dapat membahayakan (menimbulkan daya kejut listrik yang cukup berbahaya..!), oleh karena itu, lakukan pengosongan tegangan tinggi tersebut, sebagaimana telah di jelaskan pada halaman tersebut. jika terjadi short 1 atau 2 dari 4 buah Dioda Bridge Rect ini, di tandai dengan  putusnya "Sekering (fuse)" yang terdapat pada Power Supply regulator TV tersebut.
  • Short pada Transistor Power- Pada Mesin TV China umumnya Power Supply Regulator menggunakan Transistor, pada Model lainnya ada yang menggunakan STR dan FET, sama halnya kerusakan SHORT pada TR / STR / FET akan menyebabkan putusnya "Sekering (fuse)" yang terdapat pada Power Supply regulator TV tersebut.
Tiga poin di atas adalah: Putusnya Sekering (fuse) yang mengindikasikan terjadinya Short Komponen pada Tegangan Tinggi di Internal Power Supply regulator TV.

Penyebab Kerusakan Power Supply regulator Mesin TV China, selain Short Tegangan

Kerusakan selain Short komponen, sebagaimana beberapa poin di atas, biasanya diperlukan pengerjaan yang lebih teliti lagi, berikut beberapa langkah dalam Perbaikan kerusakan Blok Power Supply regulator pada TV China ini:
  • Gunakan AVOmeter, set di skala: DCV 300V, cek apakah masih ada Tegangan yang masih tersisa?, jika masih ada.. kosongkan terlebih dahulu dengan cara menghubungkan ke beban di kutub Positif (+) dan kutub Negatif (-) elco tegangan tinggi yang terdapat pada Power Supply regulator TV tersebut (bisa menggunakan Trafo, Kipas Angin dll).
Tegangan Tinggi masih tertampung pada Elco Filter Tegangan DC +300V ini, menandakan bahwa Tidak ada Pelepasan Tegangan pada Output Trafo Switching Power Supply ini, yang mengindikasikan juga bahwa: Terjadinya kerusakan komponen di Internal Power Supply TV tersebut, lihat kembali gambar di atas: Beberapa Komponen yang sering mengalami Kerusakan, lakukan pengecekan pada komponen yang dilingkari warna Merah, berikut beserta keterangan:
  • Resistor 2 x 120K Ohm & Tr A1015 - Kedua Resistor ini terhubung seri ke DC +300V menuju kaki Emitor (E) TR A1015 (dan yang sejenisnya), salah satu diantanya sering mengalami kerusakan, cek juga apakah Tr A1015 ini mengalami kerusakan? (keterangan: kedua resistor ini adalah untuk supply tegangan Tr A1015, kerusakan Tr A1015 ini, biasanya akan menyebabkan salah satu dari 2 x R 120K Ohm ini ikut rusak / putus juga).
  • C 471pF - 561pF / 2KV - Perhatikan komponen ini (gambar di atas), pada beberapa kasus.. komponen ini sering putus (habis kapasitansinya), hal ini akan mengakibatkan lonjakan bunga api (tegangan) yang dapat merusak Transistor Power yang terdapat pada Power Supply regulator TV ini. 
  • TR C3807 & TR Power D1885 (dan yang sejenis) - Tr C3807 ini adalah Driver untuk Tr Power, Tr C3807 terkadang ikut mengalami kerusakan juga, ketika Tr Power mengalami Short Tinggi (rusak parah).
Kerusakan pada Tr Power D1885 (dan yang sejenisnya), biasanya terjadi akibat Beban Panas berlebih, karena lamanya Penggunaan atau sering juga akibat kerusakan C dumper (471p - 561p / 2KV), sehingga Tr Power kelebihan beban tegangan tinggi, hal ini mengakibatkan Tr Power menjadi Short (korslet).
Kerusakan pada Tr C3807 biasanya akan berimbas pada komponen pendukungnya, seperti: Dioda 1N4148, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
Lakukan Pengecekan sebagaimana beberapa poin diatas, jika tidak terlalu terpaksa anda tidak perlu melakukan penggantian Power Supply regulator seperti Model Gacun atau yang sejenisnya.

Halaman Awal

Halaman Selanjutnya

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service